Sunday, August 1, 2010

TAUNG KALAT situs warisan DUNIA

TAUNG KALAT situs warisan DUNIA






Sungguh luar biasa. Di antara situs-situs warisan dunia yang terdapat di Burma, Taung Kalat adalah salah satu yang menakjubkan. Betapa tidak, biara Buddhis ini dibangun menara di atas bumi seperti semacam istana pasir raksasa di puncak gunung api yang telah mati. tiga puluh mil atau lebih dari kota kuno Bagan






Banyak orang menyebut bukit di mana biara itu dibangun adalah Mount Popa, tetapi mereka salah karena gunung api Popa lebih tinggi dibandung bukit di mana Taung Kalat berdiri. Konon, bukit di mana biara itu berdiri dulunya adalah gunung api. Sebuah leher vulkanik yang terbentuk ketika magma, dalam perjalanan ke atas melalui sebuah lubang angin pada sebuah gunung berapi aktif dan mengeras di dalam lubang angin tersebut namun kini tidak aktif lagi. Meski terlihat tidak terlalu tinggi, namun butuh kekuatan yang besar untuk bisa sampai di ke puncaknya. Karena bisa dibayangkan bagaimana hebatnya para pembangun biara itu. para biksu d daerah burma ini tetap yakin bahwa keadaan atau kehidupan mereka tetap aman walau mereka tinggal di Taung kalat.








Kepercayaan masyarakat setempat, Nat, 37 dewa, tinggal di Taung Kalat. Kepercayaan ini bisa jadi karena letaknya yang nun jauh di puncak, dari kejauhan tampak seperti bangunan di sorga. Apalagi ketika kabut turun dan menyamarkan sebagian bangunan sehingga hanya beberapa puncaknya saja yang terlihat, benar-benar mirip istana di awan.

No comments:

Post a Comment

Berkomentarlah dengan BAIK: dan SOPAN:.

Dimohon untuk tidak berkomentar SPAM: karena komentar akan dihapus.

TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN ANDA...JANGAN BOSAN BOSAN DATANG KE BLOG INI: